PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK BERITA DENGAN METODE DRILLPADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1KALIBAWANG TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Rizky Adhya Harfianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi: (1) pelaksanaan pembelajaran  keterampilan menyimak berita dengan metode drill pada peserta didik kelas VIIIB SMP Negeri 1 Kalibawang tahun ajaran 2013/2014, (2) pengaruh metode drill dalam pembelajaran menyimak berita terhadap peserta didik kelas VIIIB SMP Negeri 1 Kalibawang Tahun Ajaran 2013/2014, (3) peningkatan kemampuan menyimak berita pada peserta didik kelas VIIIB SMP Negeri 1 Kalibawang sesudah menggunakan metode drill Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini terdiri atas tiga tahap yaitu tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kalibawang. Pengumpulan data yang digunakan teknik tes dan nontes. Alat pengambilan data nontes yang digunakan berupa pedoman observasi, jurnal, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif.  Berdasarkan hasil analisis disimpulkan penerapan metode drill dalam pembelajaran menyimak berta pada siklus I dan siklus II, dengan proses pembelajaran meliputi, (1) pendidik menyiapkan video berita dengan topik yang bervariasi, (2)  memutarkan video dengan topik yang bervariasi (3)  menyimak secara individu dengan mencari unsur 5W+1H  dan gagasan utama, (4) membuat simpulan yang mengacu pada topik. Pengaruh penggunaan metode drill dalam pembelajaran menyimak  dapat meningkatkan minat dan aktivitas belajar peserta didik. Hasil penilaian yang diperoleh dari lembar observasi diketahui bahwa aktivitas, keaktifan, dan fokus peserta didik dalam mengikuti pembelajaran pada siklus I menjadi baik, dan siklus II menjadi baik sekali. Hasil jurnal peserta didik yang senang dengan pembelajaran menyimak berita pada siklus I mencapai 89%, dan siklus II mencapi 96%. Berdasarkan analisis data penelitian keterampilan menyimak berita pada peserta didik nilai prasiklus, siklus I, dan siklus II mengalami peningkatan. Penerapan metode drill dalam pembelajaran menyimak sebelum dilakukannya tindakan nilai rata-rata kelas menyimak berita sebesar 42,6 dengan kategori kurang. Pada siklus I terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata 61,42 dengan kategori cukup dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 80 atau masuk pada kategori baik.

Kata Kunci: Keterampilan Menyimak Berita, Metode Drill


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.