ANALISIS SEMIOTIK DALAM CERPEN PELAJARAN MENGARANG KARYA SENO GUMIRA AJIDARMA DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) mendiskripsikan sintaksis naratif satuan isi cerita dan fungsi-fungsi utama dalam cerpen “Pelajaran Mengarang” Karya Seno Gumira Ajidarma; (2) mendiskripsikan semantik naratif penokohan, latar, dan waktu dalam cerpen “Pelajaran Mengarang” Karya Seno Gumira Ajidarma; (3) mendiskripsikan analisis pragmatik kehadiran unsur pemandang, kehadiran unsur penutur dan kohesi leksikal dalam cerpen “Pelajaran Mengarang” Karya Seno Gumira Ajidarma; (4) mendiskripsikan rencana pelaksanaan pembelajaran cerpen “Pelajaran Mengarang” karya Seno Gumira Ajidarma di SMA. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang dilakukan dengan tidak mengutamakan pada angka-angka, tetapi mengutamakan kedalaman penghayatan terhadap interaksi antar konsep yang sedang dikaji secara empiris (Semi, 1993:23).Terurai kedalam bentuk kata-kata, bukan bentuk angka, dan lebih mengutamakan proses dibanding hasil, karena karya sastra merupakan fenomena yang memerlukan penafsiran. Ciri penting dari penelitian kualitatif deskriptif dalam kajian sastra yaitu peneliti merupakan instrumen kunci yang akan membaca secara cermat sebuah karya sastra. Dalam penelitian ini, metode kualitatif deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan analisis semiotik yang tercermin dalam cerpen “Pelajaran Mengarang” karya Seno Gumira Ajidarma dan rencana pelaksanaan pembelajarannya di SMA.
Kata Kunci: semiotik, cerpen “Pelajaran Mengarang”, Seno Gumira Aji Darma
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.