PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPTIF IMPRESIONIS DENGAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES PADA SISWA KELAS XI SMK YPT PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Rina Diyas Ningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap penerapan model Exam-ples Non-Examples dalam menulis deskritif impresionis pada siswa kelas XI SMK YPT Purworejo, pengaruh penggunaan model Examples Non-Examplesterhadap aktivitas dan minat siswadalam  pembelajaran menulis deskriptif impresionis pada siswa kelas XI SMK YPT Purworejo, peningkatan kemampuan menulis des-kriptif impresionis pada siswa kelas XI SMK YPT Purworejo setelah men-dapatkan model pembelajaranExamples Non-Examples. Penelitian ini terdiri da-ri tiga tahap, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes.Teknikanalisis data menggunakan data kualitatifdan data kuantitatif. Dalam teknik penyajian hasil analisis data digunakan tek-nik informal. Adanya peningkatan aktivitasdanminatsiswa pada akhir tindakan siklus I, yaitu siswa menjadi cukup antusias, semangat, gembira, aktif dalam me-nulis deskriptif impresionis. Pada akhir tindakan siklus II terlihat pe-ningkatan proses, yaitu antusias dan semangat yang ditunjukkan siswa dalam menulis des-kriptif impresionis lebih besar, aktif, kerja sama, dan percaya diri. Peningkatan prestasi ditunjukkan  dengan semakin meningkatnya ketuntasan tes hasil belajar. Pada prasiklus nilai rata-rata siswa adalah 61,45. Pada siklus I, terjadi peningkatan 14,23 dari siklus sebelumnya menjadi 75,68. Pada siklus II, terjadi peningkatan 7,16 dari siklus I menjadi 82,84.

 

Kata kunci: Peningkatan, Menulis Deskriptif Impresionis, Model Examples Non-Examples


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.