PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI DENGAN METODE PEMODELAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2013/2014
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) penerapan metode pemodelan dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran membaca puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 10 Purworejo, (2) penerapan metode pemodelan dalam meningkatkan kualitas hasil pembelajaran membaca puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 10 Purworejo. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 10 Purworejo tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 32 siswa. Penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan instrumen nontes (observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi). Dalam analisis data digunakan teknik analisis kualitatif dan teknik analisis kuantitatif. Teknik validitas data menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber data, triangulasi metode, dan triangulasi review informan. Penerapan metode pemodelan dapat meningkatkan proses pembelajaran membaca puisi. Hal ini terbukti dengan meningkatnya persentase keaktifan siswa di setiap siklusnya. Pada prasiklus siswa yang aktif menanggapi stimulus dari guru sebesar 6,25% pada siklus I menjadi 47%, pada siklus II menjadi 78%. Penerapan metode pemodelan dapat meningkatkan kualitas hasil siswa dalam membaca puisi. Hal ini dengan adanya peningkatan nilai pembelajaran membaca puisi siswa. Pada saat prasiklus hanya sebesar 9,37% siswa yang telah mencapai batas ketuntasan (KKM 75) dengan nilai rata-rata 62,7, pada siklus I sebesar 44% dan nilai rata-rata 72,34 kemudian pada siklus II meningkat menjadi 87% dengan nilai rata-rata 80,2 dan nilai tertinggi adalah 91. Hal ini membuktikan bahwa penerapan metode pemodelan mampu meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran membaca puisi siswa kelas VIIB SMP 10 Purworejo Tahun Ajaran 2013/2014.
Kata kunci: kemampuan membaca puisi, metode pemodelan.
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.