ANALISIS PSIKOLOGI TOKOH UTAMA NOVEL HUJAN DI BAWAH BANTAL KARYA E. L. HADIANSYAH DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) aspek psikologi tokoh Nava dalam novel Hujan di Bawah Bantal yang dibagi menjadi tiga kelompok yaitu: id, ego, dan superego; (2) skenario pembelajaran novel Hujan di Bawah Bantal di SMA. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik observasi. Analisis dilakukan dengan teknik analisis isi. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) aspek id pada tokoh Nava sejalan dengan prinsip-prinsip kenikmatan, yang bisa dipahami sebagai dorongan untuk selalu memenuhi kebutuhan dengan serta merta. Simpulan dari id dalam psikologi tokoh utama tersebut adalah aspek biologis kepribadian yang berhubungan dengan prinsip kesenangan atau pemuasan dalam bentuk dorongan seksual; aspek ego pada psikologi tokoh utama dalam novel Hujan di Bawah Bantal adalah aspek psikologis dari kepribadian yang muncul setelah adanya hubungan dengan dunia luar atau lingkungan. Tokoh utama mempunyai ego yang kuat dalam dirinya yang tumbuh karena pengaruh-pengaruh dari orang-orang di sekitarnya; aspek superego dari psikologi tokoh utama dalam novel Hujan di Bawah Bantal adalah sistem kepribadian yang ketiga dalam diri seseorang yang berisi kata hati. Kata hati ini berhubungan dengan lingkungan sosial dan mempunyai nilai-nilai moral sehingga meru-pakan kontrol atau sensor terhadap dorongan-dorongan yang datang dari id yang direalisasikan. Dapat dikatakan juga sebagai dasar hati nurani yang erat hubungannya dengan moral, (2) skenario pembelajaran novel Hujan di Bawah Bantal karya E. L. Hadiansyah di SMA dikemas dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang meliputi: standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, sumber belajar dan media, nilai-nilai karakter bangsa, dan penilaian. Novel Hujan di Bawah Bantal karya E. L. Hadiansyah relevan diajarkan di SMA sebagai bahan pembelajaran karena di dalam novel ini banyak terkandung perkembangan psikologi jiwa dari tokoh utamanya sehingga banyak amanat-amanat yang dapat diambil siswa sekaligus sebagai motivasi siswa untuk terus mempelajari sebuah karya sastra.
Kata kunci: psikologi (id, ego, dan superego), novel Hujan di Bawah Bantal,
skenario pembelajaran.
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.