NILAI PENDIDIKAN KARAKTERNOVEL BURLIANKARYA TERE LIYE DAN SKENARIO PEMBALAJARANNYA DI SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuanuntuk mendeskripsikan (1) unsur intrinsik, (2) nilai pendidikan karakter,dan (3) skenario novel Burlian di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel Burlian. Objek penelitian ini adalah unsur intrinsik, nilai pendidikan karakter, dan skenario pembelajaran novel Burliandi SMA. Penelitian ini difokuskan pada tema, fakta, dan sarana sastra serta sikap atau perilaku tokoh-tokoh yang mengandung nilai pendidikan karakter dan menemukan skenario pembelajaran novel Burlian di SMA. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode baca dan catat dengan peneliti sendiri sebagai human instrumen yang dibantu kartu data. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis isi (content analysis).Hasil penelitian ini adalah (1) unsur intrinsik novel Burlian terdiri dari tema, fakta, dan sarana sastra yang harmonis atau saling berkaitan sehingga membentuk totalitas cerita, (2) novel Burlian sarat dengan nilai-nilai pendidikan karakter, yakni nilai religius, gemar membaca, disiplin, cinta tanah air, peduli sosial, peduli lingkungan, tanggung jawab, serta jujur,dan (3) skenario pembelajaran novel Burlian di SMA dilakukan dengan tiga tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Pada tahap peren-canaan, guru membuat RPP, menyiapkan media audiovisual, dan instrumen pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan, digunakan model Taba dengan langkah-langkah: (a) menghimpun masalah, (b) menyepakati masalah, (c) mengkategorikan masalah, (d) menemukan data umum dari masalah khusus, (e) menghimpun penunjang, dan (f) menyusun generalisasi. Pada tahap refleksi, guru menganalisis proses dan hasil belajar siswa dan menyusun perbaikan atau penyem-purnaan dalam pembelajaran selanjutnya.
.
Katakunci: nilai pendidikan karakter, novel Burlian, model pembelajaran Taba
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.