KETAKSAAN BAHASA DALAM KARANGAN SISWA KELAS V SD NEGERI 2 ABEAN KECAMATAN MIRIT KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Bangun Wijiono

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan: (1) ketaksaan fonologis pada karangan siswa kelas V SD Negeri 2 Abean Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen Tahun Pembelajaran 2013/2014, (2) ketaksaan morfologis pada karangan siswa kelas V SD Negeri 2 Abean Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen Tahun Pembelajaran 2013/2014, (3) ketaksaan sintaksis pada karangan siswa kelas V SD Negeri 2 Abean Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen Tahun Pembelajaran 2013/2014. Sumber data penelitian adalah karangan siswa kelas V SD Negeri 2 Abean yang berjumlah 19 karangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan  teknik studi pustaka. Metode analisis data dilakukan dengan metode agih yang terjabar dalam teknik sulih / ganti, lesap, dan perluas. Teknik penyajian hasil analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik informal. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa  ketaksaan bahasa dalam karangan siswa kelas V SD Negeri 2 Abean meliputi: (1) ketaksaan fonologis terdiri atas kesalahan penulisan kata 16,31%,kesalahan tanda baca 6,46%, kesalahan penulisan huruf kapital 8,31%, kesalahan penulisan preposisi di dan ke 18,46%, dan kesalahan penyingkatan kata-kata tertentu 4,55%; (2) ketaksaan morfologis terdiri atas kesalahan afiksasi 3,10%, kesalahan reduplikasi 3,10%, kesalahan pemajemukan 4,55%, kesalahan diksi 3,10%, dan kesalahan pleonasme 3,10%; (3) ketaksaan sintaksis 30,17%.

Kata kunci: Ketaksaan bahasa, karangan siswa


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.