ASPEK SOSIAL DALAM NOVEL SAVIOR KARYA ASHARA DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA PADA SISWA KELAS XI SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) mendeskripsikan aspek-aspek sosial yang terdapat dalam novel Savior karya Ashara, (2) mendeskripsikan hubungan antaraspek sosial dalam novel Savior karya Ashara, dan (3) mendeskripsikan rencana pelaksanaan pembelajaran sastra pada siswa kelas XI SMA, khususnya aspek-as-pek sosial yang terdapat dalam novel Savior karya Ashara. Metode yang digunakan da-lam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) aspek-aspek sosial novel Savior karya Ashara meliputi: (a) aspek kekerabatan ditunjukkan dengan sikap Alex yang sangat akrab dan memiliki hubungan yang erat dengan tokoh lain, (b) aspek cinta kasih yang dominan menceritakan hubungan dengan lawan jenis, (c) aspek ekonomi ditunjukkan dengan tokoh utama novel Savior tergolong ekonomi tinggi, dan (d) aspek pendidikan ditujukkan dengan Alex bersekolah di sekolah yang biayanya sangat mahal; (2) hubungan antaraspek sosiologi dalam novel Savior kar-ya Ashara meliputi: (a) hubungan kekerabatan dengan cinta kasih meliputi rasa kasih sa-yang dan keakraban, (b) hubungan pendidikan dengan cinta kasih meliputi kelas yang sa-ma dan rasa saling suka, (c) hubungan ekonomi dengan pendidikan meliputi kekayaan dan bersekolah di tempat yang paling bermutu; dan (3) rencana pelaksanaan pembe-lajaran aspek sosial novel Savior dalam pembelajaran sastra di kelas XI SMA dengan langkah-langkah kegiatan pembelajaran meliputi kegiatan awal, kegiatan inti, dan ke-giatan akhir.
Kata kunci : aspek sosial, novel Savior, rencana pelaksanaan pembelajaran.
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.