ASPEK SOSIAL TOKOH UTAMA DALAM NOVEL SURAT DAHLAN KARYA KHRISNA PABICHARA DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) aspek-aspek sosial tokoh utama dalam novel Surat Dahlan karya Khrisna Pabichara; (2) hubungan antaraspek sosial tokoh utama yang ada dalam Surat Dahlan karya Khrisna Pabichara; (3) rencana pelaksanaan pembelajaran dari novel Surat Dahlan di kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kualitatif. Dari pembahasan data diperoleh tiga simpulan, yakni (1) aspek sosial tokoh utama dalam novel Surat Dahlan meliputi: (a) aspek moral tokoh utama berupa moral terpuji, (b) aspek kekerabatan tokoh utama sangat akrab dengan tokoh lain, (c) aspek ekonomi tokoh utama terdiri dari golongan ekonomi rendah dan tinggi, (d) aspek cinta kasih dominan pada hubungan cinta kasih terhadap lawan jenis, (e) aspek politik ditandai dengan demonstra- si yang dilakukan oleh organisasi PII; (2) hubungan antaraspek sosial tokoh utama dalam novel Surat Dahlan meliputi: (a) hubungan aspek moral dengan kekerabatan, (b) hubungan aspek kekerabatan dengan cinta kasih, (c) hubung-an aspek kekerabatan dengan politik, (d) hubungan aspek perekonomian dengan cinta kasih, (e) hubungan aspek perekonomian dengan kekerabatan; (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Surat Dahlan meliputi: (a) standar kompetensi, (b) kompetensi dasar, (c) indikator, (d) tujuan pembel-ajaran, (e) materi pembelajaran, (f) metode pembelajaran yang digunakan ialah resitasi, inkuiri dan tanya jawab, (g) langkah-langkah pembelajaran, pembelajaran terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti (eksplorasi, elaborasi, konfirmasi), dan kegiatan akhir, (h) sumber belajar, dan (i) evaluasi.
Kata kunci: aspek sosial tokoh utama, novel surat dahlan, pembelajaran
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.