PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN DENGAN MEDIA GAMBAR FOTOGRAFI PADA SISWA KELAS X MAN PURWOREJO AJARAN 2013/2014

Gus Muhlisin

Abstract


2013. Skripsi. “Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen dengan Media Gambar Fotografi pada Siswa Kelas X MAN Purworejo Tahun Ajaran 2012/2013”. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Muhamadiyah Purworejo. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran menulis cerpen dengan media gambar fotografi, (2) mendeskripsikan pengaruh pembelajaran menulis cerpen dengan media gambar fotografi terhadap aktivitas dan motivasi belajar siswa kelas X MAN Purworejo, dan (3) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis cerpen siswa kelas X MAN Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.  Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap pengamatan, (4) tahap refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) teknik tes; dan (2) teknik nontes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan kuantitatif. Adapun dalam teknik penyajian hasil digunakan metode penyajian informal. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) Penerapan pembelajaran menulis cerpen dengan media gambar fotografi pada siswa kelas X MAN Purworejo dilakukan dalam enam tahap (a) guru menyampaikan materi yang dipelajari yaitu materi tentang menulis cerpen, (b) guru menjelaskan langkah-langkah menulis cerpen, (c) guru memberikan contoh cerpen, (d) guru memaparkan media gambar fotografi pada layar LCD untuk diamati siswa, (e) guru menghimbau siswa menulis cerpen sesuai dengan gambar fotografi yang diamati, dan (f) guru menghimbau siswa secara individu untuk menulis cerpen dengan bahasa sendiri, (2) peningkatan kualitas menulis cerpen dapat dikategorikan baik. Peningkatan tersebut dapat dilihat dengan meningkatnya perhatian siswa selama penulis menjelaskan materi, keaktifan siswa bertanyajawab, keseriusan siswa dalam mendengarkan penjelasan guru, siswa membuat catatan pokok-pokok cerpen, keantusiasan dan keseriusan siswa ketika menulis cerpen, dan tidak adanya siswa yang mencontoh atau melihat pekerjaan temannya, (3) peningkatan kualitas hasil menulis siswa dapat dilihat berdasarkan hasil pretes, nilai rata-rata menulis menulis cerpen masih rendah yaitu 61,34. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat yaitu 73,56. Pada siklus II, nilai rata-rata mencapai 79,66. Berdasarkan hasil penilaian dapat dikatakan bahwa siswa sudah mampu menulis cerpen dengan baik sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.

 

Kata Kunci: kemampuan menulis cerpen, media gambar fotografi


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.