PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA DENGAN MEDIA CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMA N 3 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Eka Susilowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) peningkatan keterampilan menulis naskah drama dengan media cerpen pada siswa kelas XI SMA N 3 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 dan (2) tingkat keberhasilan keterampilan menulis naskah drama dengan media cerpen pada siswa kelas XI SMA N 3 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA N 3 Purworejo, yang berjumlah 30 siswa. Objek penelitian ini adalah pembelajaran menulis naskah drama panggung dengan media cerpen. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui tes, observasi, jurnal, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan kualitatif. Dalam penyajian data digunakan metode informal. Keterampilan menulis naskah drama siklus I dan siklus II mengalami peningkatan dibandingkan hasil menulis naskah drama sebelum menggunakan media cerpen. Rata-rata siklus I mencapai 61,20 dan rata-rata siklus II meningkat menjadi 70,00. Berdasarkan hasil observasi dan lembar jurnal respon siswa setelah menulis naskah drama dengan media cerpen adalah baik. Dari hasil penelitian disimpulkan (1) Keterampilan menulis naskah drama pada siswa kelas XI SMA N 3 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 mengalami peningkatan setelah dilaksanakan pembelajaran dengan media cerpen dan (2) tingkat keberhasilan menulis naskah drama dengan media cerpen dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Pada siklus I rerata skor yang diperoleh adalah 61,20 dan pada siklus II, rerata skor yang diperoleh mencapai 70,00.

 

Kata kunci: menulis naskah drama, media cerpen


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.