TINDAK TUTUR ILOKUSI DALAM DIALOG NASKAH DRAMA NYARIS KARYA N. RIANTIARNO, RELEVANSI PENELITIAN DENGAN PEMBELAJARAN MENDESKRIPSIKAN PERILAKU MANUSIA MELALUI DIALOG NASKAH DRAMA, DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) tindak tutur ilokusi dalam dialog naskah drama Nyaris karya N. Riantiarno; (2) relevansi penelitian dengan pembelajaran mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialoh naskah drama di kelas XI SMA; (3) skenario pembalajaran tindak tutur ilokusi dalam dialog naskah drama Nyaris karya N. Riantiarno sebagai materi pembelajaran dalam rangka pembelajaran mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog naskah drama di kelas XI SMA. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan catat. Data dialog tokoh dianalisis dengan menggunakan teknik padan dan teknik pilah unsur penentu, sedangkan penyajian data dilakukan dengan teknik informal, yakni penggunaan kata-kata biasa. Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tindak tutur ilokusi dalam dialog naskah drama Nyaris karya N. Riantiarno terdiri atas 249 tuturan representatif, 168 tuturan direktif, 4 tuturan ekspresif, 11 tuturan komisif, dan 1 tuturan deklarasi; (2) relevansi penelitian berupa kajian tuturan tokoh untuk mengungkap perilaku tokoh sebagai contoh yang jelas dan mudah dipahami oleh siswa dalam menuangkan gagasannya terkait perilaku tokoh ke dalam tuturan atau dialog tokoh; (3) skenario pembelajaran menulis naskah drama di kelas XI SMA diawali dengan menjelaskan materi sesuai SK dan KD. Selanjutnya, guru menugaskan siswa untuk membaca dan memahami isi naskah drama, guru mencontohkan cara mengkaji perilaku tokoh berdasarkan dialognya. Terakhir, guru menugaskan siswa untuk membuat naskah drama pendek.
Kata Kunci: tindak tutur ilokusi, relevansi penelitian, dan skenario pembelajaran.
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.