RELIGIUSITAS TOKOH UTAMA DALAM NOVEL SYAHADAT CINTA KARYA TAUFIQURRAHMAN AL-AZIZY SEBAGAI PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI SMA KELAS XI

Ari Setyo Rini

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) nilai karakter religius tokoh utama dalam novel Syahadat Cinta karya Taufiqurrahman al-Azizy; (2) kontribusi novel Syahadat Cinta sebagai bahan pembelajaran dan pendidikan karakter berbasis moral bagi perkembangan karakter siswa; (3) skenario pembelajaran novel Syahadat Cinta di SMA kelas XI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sub­jek penelitian ini adalah novel Syahadat Cinta karya Taufiqurrahman Al-Azizy. Objek penelitian ini adalah kereligiusan tokoh utama yang terkandung dalam novel Syahadat Cinta karya Taufiqurrahman al-Azizy. Sumber data dalam penelitian ini adalah keseluruh­an teks novel Syahadat Cinta karya Taufiqurrahman al-Azizy. Fokus penelitian ini adalah kutipan-kutipan yang mengacu pada kereligiusan tokoh utama. Instrument penelitian ini adalah alat tulis dan nota pencatat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan teknik catat dengan cara membaca secara kritis dan teliti seluruh teks yang terdapat pada novel Syahadat Cinta karya Taufiqurrahman al-Azizy untuk mem­peroleh nilai-nilai religius Islam pada tokoh utama. Teknik analisis data yang di­guna­kan adalah teknik analisis isi dengan cara menganalisis data berdasarkan teori religiusitas sastra dalam novel Syahadat Cinta karya Taufiqurrahman al-Azizy. Teknik penyajian hasil analisis yang digunakan adalah informal yang menyajikan hasil analisis data dengan kata-kata biasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai karakter religius dalam novel Syahadat Cinta karya Taufiqurrahman al-Azizy meliputi: a. Hubung­an tokoh utama dengan Tuhan meliputi ibadah seperti shalat, puasa, berdoa, zikir, mem­baca Alquran, syukur, b. hubungan tokoh utama dengan sesama meliputi meminta maaf dan memaafkan, menghormati tamu, cinta keluarga, cinta dengan lawan jenis, tolong me­nolong, dan bersahabat, c. hubungan tokoh utama dengan alam sekitarnya yaitu mengagumi kekayaan alam, memanfaatkan sumber daya alam, dan peduli lingkungan; (2) hubungan novel Syahadat Cinta sebagai bahan pembelajaran dan pendidikan karak­ter berbasis moral bagi perkembangan karakter siswa yaitu novel Syahadat Cinta mam­pu menuntun siswa dalam hal tingkah laku dalam kehidupan sehari-hari yang mencer­min­kan sifat akhlakul karimah; (3) penerapan pembelajaran novel Syahadat Cinta di SMA kelas XI dalam skripsi ini menggunakan metode pembelajaran CTL (Cooperative Teaching and Learning).

Kata Kunci: religius, karakter, pembelajaran di SMA.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.