RELIGIUSITAS TOKOH UTAMA DALAM NOVEL SYAHADAT CINTA KARYA TAUFIQURRAHMAN AL-AZIZY SEBAGAI PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI SMA KELAS XI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) nilai karakter religius tokoh utama dalam novel Syahadat Cinta karya Taufiqurrahman al-Azizy; (2) kontribusi novel Syahadat Cinta sebagai bahan pembelajaran dan pendidikan karakter berbasis moral bagi perkembangan karakter siswa; (3) skenario pembelajaran novel Syahadat Cinta di SMA kelas XI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah novel Syahadat Cinta karya Taufiqurrahman Al-Azizy. Objek penelitian ini adalah kereligiusan tokoh utama yang terkandung dalam novel Syahadat Cinta karya Taufiqurrahman al-Azizy. Sumber data dalam penelitian ini adalah keseluruhan teks novel Syahadat Cinta karya Taufiqurrahman al-Azizy. Fokus penelitian ini adalah kutipan-kutipan yang mengacu pada kereligiusan tokoh utama. Instrument penelitian ini adalah alat tulis dan nota pencatat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan teknik catat dengan cara membaca secara kritis dan teliti seluruh teks yang terdapat pada novel Syahadat Cinta karya Taufiqurrahman al-Azizy untuk memperoleh nilai-nilai religius Islam pada tokoh utama. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi dengan cara menganalisis data berdasarkan teori religiusitas sastra dalam novel Syahadat Cinta karya Taufiqurrahman al-Azizy. Teknik penyajian hasil analisis yang digunakan adalah informal yang menyajikan hasil analisis data dengan kata-kata biasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai karakter religius dalam novel Syahadat Cinta karya Taufiqurrahman al-Azizy meliputi: a. Hubungan tokoh utama dengan Tuhan meliputi ibadah seperti shalat, puasa, berdoa, zikir, membaca Alquran, syukur, b. hubungan tokoh utama dengan sesama meliputi meminta maaf dan memaafkan, menghormati tamu, cinta keluarga, cinta dengan lawan jenis, tolong menolong, dan bersahabat, c. hubungan tokoh utama dengan alam sekitarnya yaitu mengagumi kekayaan alam, memanfaatkan sumber daya alam, dan peduli lingkungan; (2) hubungan novel Syahadat Cinta sebagai bahan pembelajaran dan pendidikan karakter berbasis moral bagi perkembangan karakter siswa yaitu novel Syahadat Cinta mampu menuntun siswa dalam hal tingkah laku dalam kehidupan sehari-hari yang mencerminkan sifat akhlakul karimah; (3) penerapan pembelajaran novel Syahadat Cinta di SMA kelas XI dalam skripsi ini menggunakan metode pembelajaran CTL (Cooperative Teaching and Learning).
Kata Kunci: religius, karakter, pembelajaran di SMA.
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.