NILAI MORAL DALAM NOVEL LONTARA RINDU KARYA S. GEGGE MAPPANGEWA DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI SMA KELAS XI
Abstract
: Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) unsur instrinsik dalam novel Lontara Rindu; (2) nilai moral novel Lontara Rindu; (3) skenario pembelajaran novel Lontara Rindu sebagai bahan pembelajaran sastra di SMA. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi pustaka. Instrumen penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah kertas pencatat data yang digunakan untuk mencatat data nilai-nilai moral. Analisis data dilakukan dengan metode analisis isi. Teknik penyajian hasil analisis ini dilakukan dengan menggunakan teknik informal. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) unsur instrinsik dalam novel Lontara Rindu sebagai berikut: (a) tema novel ini adalah kisah perjuangan Vito dalam mencari ayah dan saudara kembarnya untuk mengobati rasa rindu yang melandanya, (b) tokoh utamanya adalah Vito, sedangkan tokoh tambahannya adalah Halimah, Ilham, kakek Vito, dan Vino, (c) alur yang digunakan adalah alur maju, (d) latar: di Sulawesi Selatan, latar waktu: pagi, siang, sore, dan malam, sedangkan latar sosial dalam novel ini melukiskan status sosial masyarakat yang memegang teguh tradisi tolong menolong dan taat beribadah, (e) sudut pandang; orang kedua, (f) hubungan antar unsur yang terdapat dalam novel Lontara Rindu tersebut saling berhubungan yang membangun sebuah cerita. (2) nilai moral dalam novel Lontara Rindu ada empat yaitu nilai moral hubungan manusia dengan Tuhannya meliputi berdoa dan memuji Tuhan, nilai moral hubungan manusia dengan manusia lain meliputi keakraban, memberi semangat, persaudaraan, nilai moral hubungan manusia dengan alam sekitar meliputi memuji keindahan alam, dan nilai moral hubungan manusia dengan dirinya sendiri meliputi kasih sayang, pantang menyerah, sikap bijak, rasa rindu, jatuh cinta. (3). Skenario pembelajaran novel Lontara Rindu di kelas XI SMA dengan tahap pendahuluan guru mengkondisikan siswa agar siap menerimapelajaran, lalu pada kegiatan inti guru menerangkan materi unsur intrinsik dan nilai moral, kemudian guru menyuruh siswa untuk berdiskusi membahas unsur intrinsik dan nilai moral setelah itu siswa menyampaikan hasil diskusinya, dan pada tahap penutup guru merefleksi kegiatan pembelajaran serta menanamkan nilai moral yang terkandung di dalam novel Lontara Rindu Sesuai dengan kompetensi dasar menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/ terjemahan.
Kata kunci: Nilai Moral dan Skenario Pembelajaran
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.