Keputusan Petani Melakukan Usahatani Ubi Kayu (Manihot Utillisima) Di Daerah Pesisir Desa Jogoresan Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo

Muh Hamim, Istiko Agus Wicaksono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menganalisis karakteristik internal dan eksternal petani dengan keputusan petani untuk melakukan budidaya ubikayu di Jogoresan kecamatan Purwodadi kabupaten Purworejo, (2) Menganalisis hubungan  internal dan eksternal petani dengan keputusan petani untuk melakukan budidaya ubikayu di desa Jogoresan kecamatan Purwodadi kabupaten Purworejo, (3) Mengetahui faktor internal dan eksternal petani yang berpengaruh terhadap    keputusan petani budidaya ubi kayu.

Metode penelitian yang digunakan deskriptif analitis dengan sampel sebanyak 48 petani dan menggunakan metode proportionale random sampling. Butir pertanyaan diuji dengan uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah skor dengan uji regresi linier berganda terhadap variabel kesesuaian kondisi alam, kemudahan budidaya, ketersediaan sarana dan prasarana, dan peran kelompok tani dengan keputusan petani ubi kayu untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya.

Hasil analisis penelitian diketahui bahwa variabel berpengaruh secara signifikan terhadap  pendidikan formal, pengalaman, kesesuaian kondisi alam, kemudahan diterapkan petani, dan dukungan kelompok tani memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan petani dalam melakukan usahatani ubi kayu.

Faktor internal petani yang tidak memiliki korelasi dengan keputusan petani adalah umur, pendidikan formal, pendapatan usahatani, dan luas lahan. Faktor internal yang memiliki korelasi dengan keputusan petani adalah pendidikan non formal dan pengalaman usahatani. Faktor eksternal yang tidak memiliki korelasi dengan keputusan petani adalah ketersediaan sarana dan prasarana. Faktor eksternal yang memiliki korelasi dengan keputusan petani adalah kesesuaian kondisi alam, kemudahan budidaya dan peran kelompok tani.

 

Kata kunci: Ubi Kayu, Keputusan Petani, Faktor Internal dan Eksternal.


Full Text:

PDF Text PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.