PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KOPI TUBRUK DAN KOPI INSTAN DI KECAMATAN PEJAGOAN KABUPATEN KEBUMEN

Laila Yuni Rukhbaniyah, Dyah Panuntun Utami, Istiko Agus Wicaksono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) gambaran tentang konsumsi kopi tubruk dan kopi instan di Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebumen, 2) sikap dan keputusan konsumen dalam mengkonsumsi kopi tubruk dan kopi instan berdasarkan atribut (aroma, rasa, harga, kemasan, warna dan merek), dan 3) adanya hubungan karakteristik konsumen (umur, tingkat tingkat pendapatan, tingkat pendidikan, pekerjaan dan tempat tinggal) dengan konsumsi kopi tubruk dan kopi instan. Jumlah sampel dalam penelitian adalah 30 responden. Penelitian menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis fishbein.Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara purposive dan pengambilan sampel secara judgement sampling.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik umum konsumen kopi tubruk dan kopi instan di Kecamatan Pejagoan digambarkan melalui beberapa sebaran. Menurut sebaran umur, sebagian besar responden berada pada rentang umur 24 – 40 tahun. Menurut tingkat pendapatan perbulan antara Rp 260.000 – 2.500.000. Menurut sebaran tingkat pendidikan, 56,67 persen merupakan lulusan SMP. Menurut sebaran pekerjaan, sebanyak 53,33 persen bekerja sebagai buruh. Menurut sebaran tempat tinggal, 50 persen tinggal di desa dan 50 persen tinggal di perkotaan.

Responden dalam melakukan keputusan pembelian melalui beberapa tahap keputusan pembelian, yaitu pengenalan kebutuhan, proses pembelian dan pasca pembelian. Hasil analisis sikap konsumen (Ao) terhadap kopi tubruk dan kopi instan dapat diketahui bahwa atribut yang sangat penting adalah rasa, aroma, warna, dan kemasan. Hasil analisis sikap (Ao) yang diperoleh kopi tubbruk Kapal Api lebih tinggi dibanding Djempol yaitu 19,12. Hal ini berarti kopi tubruk Kapal Api sangat positif disukai responden sedangkan kopi tubruk Djempol disukai responden dengan positif. Hasil analisis sikap (Ao) kopi instan ABC Mocca lebih tinggi dibanding Kapal Api Mocha yaitu 23,24. Hal ini menunjukkan kopi instan ABC mocca sangat positif disukai responden sedangkan Kapal Api mocha disukai responden dengan positif.

 

 

Kata Kunci: Perilaku Konsumen, Sikap, Kopi Tubruk dan Kopi Instan

Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.