PENGARUH KEPEMILIKAN PUBLIK, PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN AGRESIVITAS PAJAK TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN

Rabiatul Adawiah Berasa, Iswadi Bensaadi, Ghazali Syamni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemilikan publik, profitabilitas, leverage dan agresivitas pajak terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2018-2020. Penelitian ini menggunakan data panel tak seimbang dengan jumlah 22 perusahaan sektor pertambangan dengan 54 observasi. Data penelitian diperoleh melalui website Bursa Efek Indonesia dan website masing-masing perusahaan. Penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel random effect model. Hasil penelitian membuktikan bahwa kepemilikan publik dan profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Leverage dan agresivitas pajak tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Hasil penelitian ini mendukung teori stakeholder untuk variabel kepemilikan publik dan profitabilitas. Perusahaan memiliki perhatian yang tinggi untuk mengungkapkan tanggung jawab sosial ketika kepemilikan saham perusahaan oleh publik dan profitabilitas perusahaan tinggi. Hasil penelitian ini memberikan implikasi praktis tentang pentingnya kepemilikan publik dan profitabilitas perusahaan dalam pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan.
Kata kunci: Pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan; kepemilikan publik; profitabilitas; leverage; agresivitas pajak.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v19i2.8382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.