RESPON KONSUMEN TERHADAP PRODUK HALAL DI INDONESIA: ANALISIS PADA PRODUK ICE CREAM WALLS

Titin Ekowati, Intan Puspitasari, Susi Widjajani, Esti Margiyanti Utami, Budiyanto Budiyanto

Abstract


Penelitian tentang konsep produk halal pada suatu perusahaan menjadi sangat penting karena pasar muslim yang sangat potensial di Indonesia dan di dunia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pemahaman konsumen di Indonesia tentang produk makanan halal dan mengidentifikasi posisi merek produk makanan halal di benak konsumen Muslim di Indonesia. Penelitian ini berfokus pada pemahaman konsumen di Indonesia tentang produk Ice Cream Walls sebagai produk halal dan mengidentifikasi posisi merek produk Ice Cream Walls sebagai produk makanan halal dari aspek kehalalan produk, label halal, merek halal, iklan halal, dan kesan sebagai merek halal. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum konsumen di Indonesia mayoritas muslim sehingga produk yang difahami oleh konsumen sebagai produk makanan halal akan diminati konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua partisipan dalam penelitian ini mengkonsumsi produk Ice Cream Walls karena mempunyai keyakinan bahwa   produk ini merupakan produk makanan yang halal untuk dikonsumsi. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa seluruh partisipan penelitian cenderung memaknai produk halal dalam hal ini produk Ice Cream Walls sebagai produk yang mengandung nilai-nilai halal, memiliki label halal, menunjukkan iklan yang memuat nilai-nilai halal, dan menunjukkan kesan sebagai merek halal.

Keywords: Produk halal, Nilai Halal, Label Halal, Iklan Halal, Merek Halal


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v18i2.7990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.