KOMITMEN ORGANISASIONAL PADA KEPUASAN KERJA DI ERA NEW NORMAL: PERAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR (Studi pada Karyawan Mexolie Hotel and Convention Centre Kebumen)

Ridwan Baraba, Susi Widjajani

Abstract


Pandemi Virus Covid 19 yang melanda Indonesia membawa dampak perubahan yang besar dalam berbagai sektor tidak terkecuali dalam sektor pariwisata terutama perhotelan. Sehingga terjadi perubahan pola kerja bagi karyawan hotel yang dinamain New Normal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh peran mediasi Organizational Citizenship Behaviour (OCB) terhadap hubungan antara komitmen organisasional dan kepuasan kerja. Populasi dalam penelitian ini adalah semua karyawan Mexolie Hotel and Convention Center Kebumen. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah sampel sebanyak 72 orang karyawan. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan menggunakan pilihan jawaban Likert Scale yang telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat Validitas dan Reliabilitas. Alat analisis yang digunakan adalah uji mediasi dengan metode Baron dan Kenny. Hasil penelitian diperoleh bahwa semua hipotesis penelitian ini terbukti, yaitu komitmen organisasional berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja, komitmen organisasional berpengaruh positif terhadap OCB, OCB berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja, dan namun OCB tidak memediasi hubungan komitmen organisasional terhadap kepuasan kerja.

Kata kunci : komitmen organisasional, OCB dan kepuasan kerja

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v17i3.7441

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.