PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PERILAKU KONSUMEN PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKET LAYANAN DATA INTERNET UNLIMITED CDMA SMARTFREN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) pengaruh faktor budaya pada keputusan pembeliaan paket layanan data internet unlimited CDMA Smartfren, (2) pengaruh faktor sosial pada keputusan pembeliaan paket layanan data internet unlimited CDMA Smartfren, (3) pengaruh faktor kepribadian pada keputusan pembeliaan paket layanan data internet unlimited CDMA Smartfren, (4) pengaruh faktor psikologis pada keputusan pembeliaan paket layanan data internet unlimited CDMA Smartfren, (5) pengaruh faktor budaya, sosial, kepribadian, dan psikologis secara bersamaan pada keputusan pembeliaan paket layanan data internet unlimited CDMA Smartfren.Populasi penelitian ini adalah pengguna paket layanan data internet unlimited CDMA Smartfren di Purworejo sedangkan teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Instrumen penelitian yang digunakan oleh peneliti menggunakan kuesioner yang sebelumnya telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan relaibilitas sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis regresi berganda.Hasil analisis regresi secara parsial diketahui bahwa nilai signifikansi: faktor budaya sebesar 0,008, faktor sosial sebesar 0,022, faktor kepribadian sebesar 0,027, faktor psikologis sebesar 0,000, sedangkan secara simultan nilai signifikansi sebesar 0,000. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa faktor budaya, sosial, kepribadian, dan psikologis baik secara parsial maupun simultan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian paket layanan data internet unlimited CDMA Smartfren.Kata kunci: budaya, sosial, kepribadian, psikologis dan keputusan pembelian.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v10i1.a.728
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.