STUDI FENOMENOLOGI PEMBENTUKAN BRAND IMAGE “LIFEBUOY” DALAM PERSEPSI KONSUMEN

Titin Ekowati, Intan Puspitasari, Fitri Rahmawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang membentuk brand images “Lifebuoy” dalam persepsi konsumen. Penelitian ini menggunakan desain penelitian fenomenologi. Peneliti mewawancarai 10 orang responden pengguna produk Lifebuoy untuk menggali data. Fenomenologi adalah studi tentang pengetahuan yang datang dari kesadaran atau cara kita memahami sebuah obyek atau peristiwa melalui pengalaman sadar tentang obyek atau peristiwa tersebut. Sebuah fenomena adalah penampilan sebuah obyek, peristiwa, atau kondisi dalam persepsi seseorang, sehingga bersifat subyektif. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa semua pengguna produk lifebuoy yang menjadi responden penelitian cenderung melakukan proses berpikir dan memainkan perasaan ketika mereka melihat atau mendengar merek atau iklan Lifebuoy sehingga memunculkan  citra merek (brand image). Hasil penelitian dengan menggunakan stimulus logo, kemasan, iklan, pengalaman dan motivasi konsumen  ternyata dapat menggali informasi dari responden bahwa hal-hal tersebut mampu mempengaruhi pikiran dan perasaan responden terkait produk Lifebuoy. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa stimulus seperti logo, kemasan, iklan dapat membentuk citra merek Lifebuoy sebagai produk  sabun kesehatan keluarga  berdasarkan pikiran dan perasaan responden.

Key Words :  Brand Images, Persepsi, Fenomenologi, Sabun Kesehatan Keluarga


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v17i1.6822

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.