ANALISIS KAUSALITAS ANTARA BANK-SPECIFIC FACTORS DAN KECUKUPAN MODAL PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA

Dwi Irawati, Intan Puspitasari

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi hubungan kausalitas (sebab-akibat) antara bank-specific factors (terdiri dari: risiko likuiditas, kualitas asset, dana pihak ketiga, dan profitabilitas) dengan kecukupan modal perbankan syariah di Indonesia. Pengujian hubungan kausalitas penting untuk dilakukan sebab hasil uji kausalitas selain dapat menunjukkan adanya hubungan yang bersifat kausal diantara variabel-variabel yang diteliti juga mengindikasi adanya potensi hubungan diantara variabel-variabel tersebut.

Hipotesis kausalitas diuji menggunakan Causality Granger test dengan kecukupan modal sebagai variabel tergantung (akibat), sedangkan risiko likuiditas, kualitas asset, dana pihak ketiga, dan profitabilitas diperlakukan sebagai variabel independen (penyebab). Data dikumpulkan dari laporan tahunan bank syariah di Indonesia selama periode 2010 hingga 2016.

Secara keseluruhan, hasil pengujian kausalitas Granger mengindikasi bahwa: (1) risiko likuiditas dan kecukupan modal mempunyai hubungan kausalitas searah, yaitu risiko likuiditas mempengaruhi kecukupan modal dan tidak berlaku sebaliknya; (2) kualitas asset mempengaruhi kecukupan modal dan tidak sebaliknya; (3) hubungan antara dana pihak ketiga dan kecukupan modal adalah hubungan kausal dua arah, artinya dana pihak ketiga mempengaruhi kecukupan modal dan sebaliknya; (4) profitabilitas menjadi penyebab besarnya kecukupan modal dan tidak berlaku sebaliknya.

Kata Kunci: kausalitas Granger, kausalitas searah, kausalitas dua arah


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v16i1.6113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.