Pengaruh Karakteristik Wirausaha dan Strategi Pemasaran Terhadap Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah di Kabupaten Kubu Raya
Abstract
Kabupaten Kubu Raya sebagai Kabupaten termuda di Kalimantan Barat maka diperlukan peran dari Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sebagai kegiatan usaha yang dapat dibuka lapangan kerja dan mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan. Dalam Pengembangan UKM maka diperlukan Karakteristik Wirausaha dan Strategi Pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari Karakteristik dan Strategi Pemasaran terhadap Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah di Kabupaten Kubu Raya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah ada karakteristik Karakteristik Wirausaha dan Strategi Pemasaran terhadap Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah di Kabupaten Kubu Raya.
Pendekaran yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif, jenis data yang digunakan adalah data primer dengan cara menguji kuesioner ke UKM di Kabupaten Kubu Raya. Populasi dan sampel dalam penelitian ini diambil di tiga lokasi Kecamatan di Kubu Raya yaitu Kecamatan Sungai Kakap, Kecamatan Sungai Raya dan Kecamatan Rasau Jaya. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda, uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, serta uji kesesuaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Karakteristik Wirausaha dan Strategi Pemasaran baik secara parsial maupun simultan (bersama-sama) berpengaruh signifikan terhadap pengembangan usaha kecil dan menengah di Kabupaten Kubu Raya.
Kata Kunci : Karakteristik Wirausaha; Strategi Pemasaran; Pengembangan Usaha.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v16i3.6021
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.