PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI RUMAH MAKAN RAMINTEN YOGYAKARTA

Dyaning Aji Wicaksono

Abstract


Perkembangan industri kuliner saat ini semakin pesat, karena potensi untukberkembangnya bisnis kuliner ini cukup besar, salah satunya karena mobilitasmasyarakat yang semakin meningkat sehingga mereka tidak memiliki banyak waktuuntuk memasak sendiri. Hal tersebut memicu adanya persaingan di bidang usaha kulineryang semakin ketat.Untuk melawan pesaing pemasar harus jeli dan pintar menerapkanstrategi, salah satunya menggunakan experiential marketing.Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Experiential Marketingterhadap Keputusan Pembelian di Rumah Makan Raminten Yogyakarta. ExperientialMarketing meliputi Sense, Feel, Think, Act, Relate. Objek penelitian ini adalah di RumahMakan Raminten . Populasi penelitian ini adalah Konsumen di Rumah Makan Raminten.Sampel berjumlah 110 orang. Pengambilan sampel menggunakan accidental sampling.Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang masingmasingsudah di ujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisisdata menggunakan regresi linier berganda.Hasil dari uji validitas dan reliabilitas dalam penelitian ini terbukti valid danreliable. Sedangkan hasil dari analisis regresi linier berganda menunjukan bahwa Sense,Feel, Think, Act, Relate, berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusanpembelian di Rumah Makan Raminten di Yogyakarta . Sense berpengaruh positif dengannilai b sebesar 0,252 dan signifikan (p-value 0,002). Feel berpengaruh positif dengan nilaib sebasar 0,231 dan signifikan (p-value 0,002). Think berpengaruh positif dengan nilai bsebesar 0,165 dan signifikan (p-value 0,038). Act berpengaruh positif dengan nilai bsebasar 0,257 dan signifikan (p-value 0,002). Dan Relate berpengaruh positif dengan nilaib sebesar 0,346 dan signifikan (p-value 0,000).Kata kunci : experiential marketing, keputusan pembelian

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v12i2C.5769

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.