PENGARUH STRUCTURAL ASSURANCE DAN PERCEIVED REPUTATION TERHADAP TRUST PENGGUNA E-COMMERCE
Abstract
Internet erat kaitannya dengan manusia saat ini. Hal ini telah menciptakan era ekonomi baru yang berbasis internet (information based economy era). Internet merupakan sarana elektronik yang digunakan untuk berbagai aktivitas seperti komunikasi, riset, transaksi bisnis dan media pemasaran. Dampak internet menyebabkan banyaknya penyedia bisnis e-commerce yang dijadikan sebagai tren bisnis yang menggunakan media teknologi, seperti Kaskus, Lazada, Berniaga.com, OLX, dan lainnya. Adanya keamanan transaksi, maka risiko dalam bertransaksi pada layanan e-commerce dapat diminimalkan. Selain itu, perceived reputation juga diperlukan untuk membangun kepercayaan pengguna e-commerce. Oleh karena itu, membangun trust pada sistem e-commerce berdasarkan faktor structural assurance dan perceived reputation akan menciptakan keinginan konsumen untuk melakukan transaksi pembelian.Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh structural assurance dan perceived reputation terhadap trust pengguna e-commerce. Populasi penelitian ini adalah semua pengguna internet yang pernah melakukan transaksi di sistem e-commerce. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dinilai dengan skala Likert yang masing-masing sudah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data adalah regresi linier berganda.Hasil analisis linier berganda dengan program SPSS menunjukkan bahwa structural assurance dan perceived reputation berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap trust pengguna e-commerce. Dalam penelitian ini variabel yang paling besar mempengaruhi trust pada sistem e-commerce adalah structural assurance kemudian perceived reputation.Kata kunci: structural assurance, perceived reputation, trust, e-commerce.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v12i2B.5766
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.