PENGARUH MEREK, NEGARA ASAL, HARGA DAN KEPERCAYAAN KEPADA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN OLI TOP 1 DI PURWOREJO

Nanang Hariyono

Abstract


Pertumbuhan jumlah sarana transportasi khususnya sepeda motor yang ada dewasa ini, menyebabkan banyak pihak turut serta dalam memproduksi berbagai kelengkapan sepeda motor, seperti oli. Hampir dapat dipastikan, bahwa banyaknya produsen oli memperketat persaingan antar produsen oli dalam memperebutkan pasar agar konsumen memutuskan pembelian oli yang diproduksinya. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh merek, negara asal, harga dan kepercayaan kepada perusahaan baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian oli TOP 1.Populasi pada penelitian ini yaitu semua konsumen oli TOP 1 di kota Purworejo dengan jumlah populasi yang tidak diketahui secara pasti karena tidak adanya data statistik mengenai seberapa banyak jumlah konsumen oli TOP 1 di kota Purworejo. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 120 responden. Cara pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang telah diuji tingkat validitas dan reliabilitasnya. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi linier berganda.Hasil analisis data menunjukkan bahwa merek, negara asal, harga dan kepercayaan kepada perusahaan baik secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian oli TOP 1, sehingga seluruh hipotesis yang diajukan dapat diterima.Kata kunci: merek, negara asal, harga, kepercayaan kepada perusahaan, keputusan pembelian

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v12i1B.5764

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.