PENGARUH DESAIN PRODUK DAN LAYANAN PURNA JUAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Konsumen Notebook Asus di Purworejo)

Dika Kusuma Wardani

Abstract


Teknologi yang semakin maju menuntut produsen untuk mempertahankan strategi dalam penjualan produknya supaya tidak direbut oleh pesaing yang semakin banyak. Desain produk yang inovatif akan menciptakan image yang baik pada perusahaan tersebut, serta layanan purna jual yang diberikan perusahaan akan memberikan rasa tanggung jawab perusahaan kepada konsumen atas produk yang dibelinya.Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh desain produk dan layanan purna jual terhadap keputusan pembelian. Populasi penelitian ini adalah semua pengguna notebook Asus di Purworejo. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dinilai dengan skala Likert yang masing-masing sudah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan realibilitas. Analisis data menggunakan regresi linear berganda.Hasil analisis linear berganda menunjukkan bahwa desain produk dan layanan purna jual berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa desain produk dan layanan purna jual secara parsial memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.Kata kunci: desain produk, layanan purna jual, dan keputusan pembelian.

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v12i2A.5755

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.