PENGARUH MOTIVASI BERUSAHA DAN INOVASI PRODUK TERHADAP PERTUMBUHAN USAHA PADA PELAKU USAHA MIKRO DAN KECIL DI KABUPATEN PURWOREJO

Esti Margiyanti Utami, Ridwan Baraba, Dedi Runanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh motivasi berwirausaha terhadap inovasi produk pada pelaku usaha mikro dan kecil di Kabupaten Purworejo, pengaruh inovasi produk terhadap pertumbuhan usaha pada pelaku usaha mikro dan kecil di Kabupaten Purworejo dan pengaruh motivasi berwirausaha terhadap pertumbuhan usaha melalui inovasi pada produk pelaku usaha mikro dan kecil di Kabupaten Purworejo. Populasi pada penelitian ini adalah pelaku usaha mikro dan kecil di Kabupaten Purworejo. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berwirausaha berpengaruh langsung terhadap inovasi produk pelaku usaha mikro dan kecil di Kabupaten Purworejo, inovasi produk berpengaruh langsung terhadap pertumbuhan usaha pelaku usaha mikro dan kecil di Kabupaten Purworejo, dan inovasi produk tidak mengintervening pengaruh motivasi berwirausaha terhadap pertumbuhan usaha pada pelaku usaha mikro dan kecil di Kabupaten Purworejo

Kata kunci : motivasi  berusaha,  inovasi produk,  pertumbuhan usaha

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v15i1.5436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.