ANALISIS PENGARUH ASOSIASI MEREK TERHADAP RESPON KONSUMEN PADA PRODUK HEDONIK
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh persepsi konsumen terkait dengan fungsi yang paling berperan mempengaruhi perilaku membeli, sehingga perusahaan dapat menerapkan strategi yang tepat untuk memenangkan persaingan pasar. Pengaruh asosiasi merek yang diukur dengan menggunakan 4 dimensi yaitu garansi, identifikasi personal, identifikasi sosial dan pada respon konsumen yang diukur dengan 3 dimensi yaitu perluasan merek, rekomendasi dan price premium
Penelitian ini menganalisis pengaruh asosiasi merek pada dimensi-dimensi fungsional terhadap respon konsumen, mengingat asosiasi merek dapat mencerminkan atau citra keunggulan merek perusahaan pada konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Subyek penelitian ini adalah konsumen pengguna sepatu merek kickers untuk produk hedonik yang berada di wilayah Provinsi D.I. Yogyakarta. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 200 responden, metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling.
Analisis data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa goodness of fit model dapat diterima tapi memiliki asumsi sangat marginal karena nilanya hanya sebesar 0,730 kurang dari nilai kritis yang disebabkan kurangnya data yang diperlukan untuk menganalisis model ini.
Kata Kunci: Asosiasi merek, Respon Konsumen, Produk HedonikFull Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v14i1.4764
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.