KOMPARASI SPENDING HABITS KARYAWAN BERDASARKAN FAKTOR DEMOGRAFI DAN OVERCONFIDENCE

Hendra Hendra, Maria Rio Rita

Abstract


Dalam mengambil keputusan keuangan yang dilakukan oleh  individu, tidak jarang biasanya didasarkan oleh faktor psikologi dimana individu cenderung untuk memperkirakan terlalu tinggi, terhadap pengetaahuan, kemampuaan dan ketetapan tentang informasi yang mereka ketahui atau yang dikenal dengan sikap overconfidence. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk melihat ada tidaknya perbedaan faktor demografi terhadap sikap spending habits, dan apakah sikap overconfidence berpengaruh terhadap sikap spending habits seseorang. Dalam penelitian ini mencoba menguji permasalahan kepada seorang yang sudah bekerja di dua kota, Jakarta dan Salatiga (N = 95). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada beberapa faktor demografi yang memiliki perbedaan dalam melakukan spending habits dan overconfidence berpengaruh terhadap spending habits.

Kata kunci : Faktor Demografi, Overconfidence, dan Spending Habits

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v14i1.4763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.