PENGARUH CITRA MEREK, WORD OF MOUTH DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PERPINDAHAN MEREK (Studi pada Perpindahan Produk Kosmetik dari Merek Pond’s ke Wardah)
Abstract
Sekarang ini banyak produk kosmetik yang ditawarkan dipasaran sehingga konsumen perlu melakukan pertimbangan dalam memilih kosmetik sesuai dengan kebutuhan dan keingianan mereka. Beberapa kosmetik yang saat ini bersaing dipasaran Pond’s yang diproduksi PT Unilever, Sariayu, Viva, Kerin, Maybelline, Pixi dan Olay. Pada penelitian ini peneliti memfokuskan penelitian pada konsumen menggunakan kosmetik Pond’s (bedak padat) yang berpindah pada kosmetik Wardah.Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh citra merek, word of mouth dan iklan terhadap keputusan perpindahan merek Pond’s ke Wardah di Kabupaten Purworejo.Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang pernah menggunakan kosmetik Pond’s dan berpindah merek ke kosmetik Wardah. Sampel penelitian ini berjumlah 130 orang. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang masing-masing sudah diuji dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier berganda.Analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel citra merekberpengaruhpositif dengan nilai b sebesar 0,169 dansignifikan (Pvalue 0,048). Word of mouth berpengaruhpositif dengan nilai b sebesar 0,285 dan signifikan(Pvalue 0,001). Iklan berpengaruhpositif dengan nilai b sebesar 0,176 dansignifikan (Pvalue 0,045). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel yang paling besar mempenaruhi keputusan perpindahan merek adalah word of mouth.Katakunci: citra merek, word of mouth, iklan, perpindahan merek.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v12i2A.3992
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.