PENGARUH GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE ANDROID (Studi pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Abstract
Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Android. Skripsi. Program Studi Manajemen, Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2016.Handphone bagi masyarakat saat ini sudah menjadi kebutuhan sehari-hari sehingga mendorong masyarakat menjadi lebih konsumtif. Gaya hidup sebagai aspek terluas dari lingkungan sosial makro dan terdapat dalam faktor pribadi (personal) konsumen tentunya memiliki pengaruh yang kuat pada perilaku pembelian, yang akhirnya menentukan keputusan pembeliannya. Aspek gaya hidup meliputi aktivitas, minat dan opini yang akan menjadi tolak ukur dalam penentuan keputusan pembelian handphone Android.Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menguji pengaruh aktivitas terhadap keputusan pembelian konsumen, 2) menguji pengaruh minat terhadap keputusan pembelian konsumen, 3) menguji pengaruh opini terhadap keputusan pembelian konsumen.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Uji instrument yang digunakan adalah product moment dan cronbach alpha untuk menguji validitas dan reliabilitas, menunjukkan bahwa item valid dan reliabel. Analisis data menggunakan uji regresi berganda.Hasil Analisis data menunjukkan bahwa: 1) aktivitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, 2) minat berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, 3) opini berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen.Kata kunci: gaya hidup, aktivitas, minat, opini, keputusan pembelian
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v12i2A.3991
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.