PENGARUH BRAND COMMUNITY TERHADAP BRAND LOYALTY PADA PENGGUNA YAMAHA BYSON (Survei Pada Komunitas Byonic Wilayah Kedu)
Abstract
Brand community mengacu pada kumpulan konsumen atas dasar penggunaanbersama dari satu merek, dalam persaingan industri sepeda motor dipergunakan untukmembedakan pengguna satu merek dengan merek lain. Penelitian ini bertujuan untukmengungkap: pengaruh consciousness of kind terhadap brand loyalty pengguna yamahabyson pada komunitas byonic wilayah Kedu, pengaruh ritual and tradition terhadap brandloyalty pengguna yamaha byson pada komunitas byonic wilayah Kedu dan pengaruhmoral responsibility terhadap brand loyalty pengguna yamaha byson pada komunitasbyonic wilayah Kedu.Populasi penelitian semua komunitas byonic wilayah Kedu berjumlah 206 anggotaresmi. Sampel penelitian berjumlah 136 responden, ditentukan dengan menggunakanrumus slovin. Dari jumlah sample tersebut kemudian ditentukan jumlah sampel padamasing-masing wilayah komunitas byonic wilayah Kedu secara proportional. Pengambilansampel menggunakan teknik Sampling Purposive. Instrumen pengumpulan datamenggunakan angket dengan skala Likert yang masing-masing sudah diuji cobakan dantelah memenuhi syarat validitas dan realiabilitas. Analisis data menggunakan regresi linierberganda.Hasil dari uji validitas dan reliabilitas dalam penelitian ini terbukti valid dan reliabel.Sedangkan hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabelconsciusness of kind secara signifikan berpengaruh positif terhadap brand loyalty dengantaraf signifikansi p-value 0,000 (< 0,05) dan dengan nilai b sebesar 0,306. Variabel ritualand tradition secara signifikan berpengaruh positif terhadap brand loyalty dengan tarafsignifikansi p-value 0,000 (< 0,05) dan dengan nilai b sebesar 0,327. Dan variabel moralresponsibility secara signifikan berpengaruh positif terhadap brand loyalty dengan tarafsignifikansi p-value 0,002 (< 0,05) dan dengan nilai b sebesar 0,258. Dengan demikiandapat disimpulkan bahwa variabel consciusness of kind, ritual and tradition dan moralresponsibility secara parsial memiliki pengaruh terhadap brand loyalty.Kata kunci: brand community, consciousness of kind, ritual and tradition, moralresponsibility, dan brand loyalty.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v12i2A.3990
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.