PENGARUH LAYANAN PURNA JUAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP ACER DI KOTA PURWOREJO

Siska Ambarwati Winata

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh layanan purna jual berupa garansi, suku cadang, konsultasi, dan servis pada keputusan pembelian, baik secara parsial maupun bersamaan.Populasi dalam penelitian ini adalah semua individu yang memiliki laptop Acer. Sampel yang digunakan sebanyak 120 orang dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diisi sendiri oleh responden berdasarkan pendapatnya sendiri. Berdasarkan uji coba kuesioner yang dilakukan diketahui bahwa seluruh butir pernyataan dalam kuesioner terbukti valid dan reliabel.Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi. Hasil analisis data menunjukkan layanan purna jual, berupa: (1) garansi terbukti berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian, (2) suku cadang terbukti berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian, (3) konsultasi terbukti berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian, (4) servis terbukti berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian, dan (5) layanan purna jual berupa garansi, suku cadang, konsultasi dan servis secara bersamaan terbukti berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian, sehingga seluruh hipotesis yang diajukan dapat diterima.Kata kunci: Layanan Purna Jual, Garansi, Suku Cadang, Konsultasi, Servis, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v11i2C.3979

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.