PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GREEN PRODUCT (SURVEI PADA KONSUMEN TOLAK ANGIN DI PURWOREJO)

Noviana Figantari

Abstract


Dewasa ini persaingan dunia usaha atau bisnis semakin ketat banyak perusahaan berlomba‐lomba menciptakan sebuah produk yang unik dan menarik perhatian konsumen. Dengan munculnya berbagai jenis merek yang beredar dipasaran akan memberikan peluang kebebasan konsumen untuk memilih merek produk yang diinginkan sesuai sikap mereka terhada merek produk tersebut, termasuk konsumen Tolak Angin.Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh merek, kualitas, desain, label dan kemasan terhadap keputusan pembelian green product Tolak Angin. Populasi penelitian ini adalah konsumen Tolak Angin di Kabupaten Purworejo. Sampel penelitian ini berjumlah 120 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang masing‐masing sudah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier berganda.Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel merek berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian green product Tolak Angin dengan taraf signifikansi pvalue 0,000 (< 0,05) dan berpengaruh sebesar 0,255. Kualitas berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian green product Tolak Angin dengan taraf signifikansi pvalue 0,000 (< 0,05) dan berpengaruh sebesar 0,244. Desain berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian green product Tolak Angin dengan taraf signifikansi pvalue 0,000 (< 0,05) dan berpengaruh sebesar 0,179. Label berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian green product Tolak Angin dengan taraf signifikansi pvalue 0,000 (< 0,05) dan berpengaruh sebesar 0,127. Kemasan berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian green product Tolak Angin dengan taraf signifikansi pvalue 0,000 (< 0,05) dan berpengaruh sebesar 0,222. Dengan demikian semua hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini terdukung.Kata kunci: green product, merek, kualitas, desain, label, kemasan dan keputusan pembelian

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v11i2B.3967

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.