PENGARUH KEPERCAYAAN TENAGA PENJUAL DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN (Studi pada konsumen Kosmetik PIXY di Purworejo)
Abstract
Tingginya tingkat persaingan menuntut perusahaan mempunyai strategi yangtepat dalam mencapai tujuannya dan selalu berusaha menciptakan suatu keunggulanagar perusahaan dapat bertahan dan berkembang. Persaingan yang terjadi tidak hanyapada produknya saja tetapi juga pada tenaga penjualnya. Hal ini yang menjadipertimbangan perusahaan kosmetik PIXY untuk menarik konsumen. Kepercayaankonsumen terhadap tenaga penjual dan kepercayaan konsumen terhadap merek PIXYdapat mempengaruhi dan menimbulkan niat untuk membeli produk kosmetik PIXY.Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Kepercayaan Terhadap TenagaPenjual dan Kepercayaan Terhadap Merek pada Niat Beli Konsumen. Populasipenelitian ini adalah semua konsumen di Kota Purworejo yang mempunyai niat untukmembeli produk kosmetik PIXY. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang.Pengambilan sampel menggunakan Nonprobability Sampling yaitu dengan PurposiveSampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likertyang masing‐masing sudah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas danreliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linier berganda.Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel KepercayaanTerhadap Tenaga Penjual dan Kepercayaan Terhadap Merekberpengaruh positif dansignifikan terhadap niat beli konsumen kosmetik PIXY. Kepercayaan Terhadap TenagaPenjual berpengaruh positif dengan nilai b sebesar 0,223 dan signifikan (p value 0,042).Kepercayaan Terhadap Merek berpengaruh positif dengan nilai b sebesar 0,442 dansignifikan (p value 0,000). Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa kedua variabelmempunyai pengaruh yang positif terhadap niat beli.Kata kunci: Kepercayaan Tenaga Penjual, Kepercayaan Merek, Niat beli.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v11i2B.3963
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.