HUBUNGAN PERSEPSI TERHADAP BEBAN TUGAS DENGAN STRES KERJA PADA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN PURWOREJO YANG DIMODERASI OLEH JENIS KELAMIN

Faedah Endarwati

Abstract


Stres merupakan salah satu bentuk gangguan kejiwaan yang dapat mempengaruhi seseorang dalam melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari. Individu yang dapat mengalami stres tidak dibatasi oleh usia, jenis kelamin, pekerjaan dan sebagainya. Artinya stres tersebut dapat dialami oleh siapa saja, termasuk pada penelitian ini yaitu pada guru Sekolah Dasar. Salah atu faktor yang dapat menjadi stresor adalah beban kerja. Apabila seorang guru memiliki persepsi yang negatif terhadap beban tugasnya maka dapat dipastikan tujuan pendidikan yang diharapkan tidak akan tercapai.Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah, 1) untuk menguji persepsi terhadap beban tugas terhadap stres kerja; 2) untuk menguji jenis kelamin sebagai variabel moderasi dalam pengaruhnya antara persepsi terhadap beban tugas dengan stres kerja.Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Purworejo. Jumlah sampel yang akan digunakan pada penelitian ini sebanyak 197 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang sebelumnya telah diujicoba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas sedangkan untuk membuktikan hipotesis penelitian maka peneliti menggunakan analisis sub kelompok.Berdasarkan hasil analisis data diketahui: 1) persepsi terhadap beban tugas memiliki pengaruh negatif dan signifikan dengan stres kerja pada guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Purworejo; 2) pengaruh persepsi terhadap beban tugas dengan stres kerja pada responden berjenis kelamin wanita lebih kuat dibandingkan dengan responden berjenis kelamin pria, sehingga dapat dikatakan bahwa jenis kelamin merupakan variabel moderasi.Kata kunci : persepsi terhadap beban tugas, stres kerja, jenis kelamin



DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v11i2B.3961

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.