PENGARUH LOKASI, PELAYANAN, DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN WARUNG SEAFOOD “YU YEM” PANTAI JATIMALANG

Ely Septiadi

Abstract


Banyaknya pelaku usaha warung makan, khususnya di wilayah pantai JatimalangPurworejo, banyak memberikan kontribusi positif dalam bidang pariwisata kelautan diPurworejo. Para pelaku usaha menyediakan berbagai penawaran yang menarik bagikonsumen sehingga konsumen leluasa dalam menentukan pilihan yang diharapkannya.Disamping itu, dengan banyaknya pelaku usaha tentunya juga menyebabkan persaingandiantara sesama pelaku usaha karena setiap pelaku usaha pastinya ingin meraihkonsumen sebanyak-banyaknya, terlebih ketika konsumen yang dijadikan sebagai targetpemasaran tersebut memiliki loyalitas yang tinggi.Penelitian ini bertujuan 1) menguji pengaruh lokasi terhadap loyalitas pelangganwarung seafood “Yu Yem”; 2) menguji pengaruh pelayanan terhadap loyalitas pelangganwarung seafood “Yu Yem”, dan 3) menguji pengaruh kepuasan terhadap loyalitaspelanggan warung seafood “Yu Yem”.Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang sudah pernahmelakukan pembelian di Warung Seafood “Yu Yem” Pantai Jatimalang. Teknikpengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling denganjumlah sampel sebanyak 120 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yangtelah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas, sedangkan untukanalisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa 1) nilai koefisien regresi lokasi (X1)sebesar 0,137 dengan nilai signifikansi sebesar 0,094, artinya lokasi berpengaruh positifterhadap loyalitas tetapi tidak signifikan; 2) nilai koefisien regresi pelayanan (X2) sebesar0,470 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, artinya pelayanan dapat memberikanpengaruh positif yang signifikan terhadap loyalitas; 3) nilai koefisien regresi kepuasan(X3) sebesar 0,195 dengan nilai signifikansi sebesar 0,020, artinya Kepuasan dapatmemberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap loyalitas.Kata kunci: lokasi, pelayanan, kepuasan dan loyalitas pelanggan

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v11i2A.3956

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.