PENGARUH SIKAP DAN NORMA SUBYEKTIF TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN (Studi pada Konsumen Smartphone Samsung di Kota Kebumen)
Abstract
Saat ini perkembangan teknologi sangat cepat dan semakin canggih, terutama di alat komunikasi handphone. Handphone saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat dimana kepemilikannya tidak hanya didasarkan pada fungsi utama handphone sebagai alat komunikasi, tetapi fitur tambahan serta desain produk juga menjadi dasar pertimbangan dalam memutuskan memilih jenis atau merek sebuah produk. Sangat penting untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen sebelum mengeluarkan produk. Salah satu cara untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan dari konsumen agar konsumen merasa puas adalah dengan mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan perilaku konsumen.Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh sikap dan norma subyektif terhadap niat beli konsumen. Objek penelitian ini adalah Samsung. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen di kota Kebumen yang menggunakan Samsung. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling yaitu dengan metode purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang masing-masing sudah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linier berganda.Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel sikap dan norma subyektif berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli konsumen smartphone Samsung. Sikap berpengaruh positif dengan nilai b sebesar 0,343 dan signifikan (pValue 0,001). Norma Subyektif berpengaruh positif dengan nilai b sebesar 0,324 dan signifikan (pValue 0,001). Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa kedua variabel mempunyai pengaruh yang positif terhadap niat beli konsumen.Kata kunci : Sikap, Norma Subyektif, dan Niat beli Konsumen
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v11i2A.3954
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.