PENGARUH WORD OF MOUTH MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SABUN HERBAL MM

Danu Siswantoro

Abstract


Pada era sekarang ini, dengan perkembangan ekonomi yang begitu cepat perusahaan di tuntut lebih untuk dapat bersaing dengan perusahaan lainnya. Oleh karena itu perusahaan harus memiliki strategi yang baik dalam menyampaikan dan mengolah informasi kepada konsumen. Biasanya penyampaian informasi yang dilakukan perusahaan bisa berupa advertising, publisitas dan sales promotion. Tetapi sekarang Word of Mouth Marketing menjadi trend baru dalam menyampaikan dan mengolah informasi kepada konsumen secara lebih baik. Karena WOMM murni rekomendasi dari para pemakai suatu produk, sehingga kejujuran pemakai akan membuat konsumen merasa lebih yakin lagi dalam memilih suatu produk.Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Word of Mouth Marketing berupa talkers, topics, tools, taking part, dan tracking pada keputusan pembelian, baik secara parsial maupun bersamaan.Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna Sabun Herbal MM. Sampel yang digunakan sebanyak 120 orang dengan teknik pengambilan sampelnya adalah purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diisi sendiri oleh responden berdasarkan pendapatnya sendiri dan sesuai dengan indikator pertanyaan yang diberikan. Berdasarkan uji coba kuesioner yang dilakukan, diketahui bahwa seluruh butir pernyataan dalam kuesioner terbukti valid dan reliable, dengan nilai korelasi > 0,3 dan Cronbach Alpha > 0,6.Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi. Hasil analisis data menunjukan Word of Mouth Marketing, berupa: 1) talkers terbukti berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian, 2) topics terbukti berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian, 3) tools terbukti berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian, 4) taking part terbukti berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian, 5) tracking terbukti berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian, dan 6) Word of Mouth Marketing secara bersamaan terbukti berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian, sehingga seluruh hipotesis yang diajukan dapat diterima.Kata kunci :word of mouth marketing, talkers, topics, tools, taking part, tracking, keputusan pembelian.

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v11i2A.3950

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.