PENINGKATAN KINERJA DOSEN UNTUK MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING PERGURUAN TINGGI MELALUI KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN BERBAGI PENGETAHUAN

Esti Margiyanti Utami, Wijayanti Wijayanti

Abstract


Persaingan yang semakin ketat menuntut organisasi untuk mengoptimalkan pemanfaatansumber daya yang mereka miliki dalam mencapai keunggulan bersaing. Sebagai faktorkunci dalam organisasi, individu-individu dalam organisasi harus mempunyai komitmenyang kuat terhadap organisasi sehingga mau berupaya secara optimal untuk mencapaitujuan-tujuan organisasi. Identifikasi dengan organisasi menyiratkan mendukung tujuanorganisasi, yang dapat dicapai dengan berbagi pengetahuan. Berbagi pengetahuanmembuat lembaga pendidikan menjadi lebih kompetitif, keengganan berbagipengetahuan menyebabkan kematian untuk kelangsungan hidup perguruan tinggi.Sebagai sumber daya yang penting bagi organisasi, berbagi pengetahuan menarik bagipeneliti untuk meneliti peranannya dalam meningkatkan kinerja dosen. Penelitian inimenggunakan metode survei dengan pengumpulan data yang dilakukan menggunakaninstrumen kuesioner yang disebarkan kepada seluruh Dosen Tetap UniversitasMuhammadiyah Purworejo. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik pathanalysis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa komitmen normatif berpengaruh positifterhadap berbagi pengetahuan, komitmen emosional berpengaruh positif terhadapberbagi pengetahuan, komitmen berkelanjutan berpengaruh positif terhadap berbagipengetahuan, berbagi pengetahuan berpengaruh positif terhadap kinerja, komitmenorganisasional secara langsung berpengaruh positif terhadap kinerja, dan komitmenorganisasional secara tidak langsung berpengaruh positif terhadap kinerja melaluiberbagi pengetahuan.

Keywords: organizational commitment, knowledge sharing, performance


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v13i2.3946

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.