Pengaruh perceived value pada loyalitas konsumen yang dimediasi oleh kepuasan konsumen dan dimoderatori oleh gender
Abstract
Setiap perusahaan menginginkan usahanya akan mendapatkan profit di atasrata-rata secara berkesinambungan. Namun hal tersebut tidak mudah dicapai,loyalitas konsumen menjadi kunci bagi perusahaan untuk dapatmempertahankan perusahaannya. Sehingga sangat penting bagi perusahaanmencari cara agar loyalitas konsumen dapat dipertahankan. Manajer perusahanharus tahu apa yang bisa menyebabkan konsumen loyal atau tidak loyalterhadap suatu produk. Dalam penelitian ini akan dilakukan pengujian hipotesistentang pengaruh perceived value pada kepuasan konsumen yang dimediasioleh kepuasan konsumen.Pengujian hipotesis dilakukan pada pemakai sepeda motor metikbaik laki-laki maupun perempuan, karena pada awalnya motor metik ditujukanuntuk kaum perempuan, penelitian ini juga ingin melihat pengaruh moderasigender terhadap kepuasan konsumen.Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara survei denganmenyebar kuesioner pada pemakai yang telah menggunakan sepeda motormetik lebih dari tujuh bulan. Sampel yang digunakan sebanyak 50 responden.Analisis Faktor digunakan untuk menguji instrumen dan untuk menganalisisdata digunakan hierarchical regression.Hasil uji instrument tidak mengelompok pada faktor yang diharapkan,namun ketiga variabel yang digunakan terbukti reliabel karena nilai cronbachalphanya diatas 0,7. Sedangkan hasil uji hipotesis yang dilakukan, dari empathipotesis yang diajukan tiga hipotesis terdukung dan satu hipotesis tidakterdukung walaupu hasilnya tidak terlalu bagus. Hal itu barangkali disebabkansedikiynya jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini, sehingga tidakbisa mewakili populasi yang ada.
Kata Kunci: perceived value, loyalitas.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v0i2.39
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.