PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK PADA KONSUMEN SEPEDA MOTOR HONDA DI KABUPATEN PURWOREJO

Henry Cahya Pudyastowo

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesuksesan Honda yang memiliki pangsa pasar
sepeda motor terbesar di Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik merek,
karakteristik perusahaan, dan karakteristik konsumen-merek terhadap loyalitas merek pada
konsumen sepeda motor Honda di kabupaten Purworejo, baik secara parsial maupun
simultan.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen sepeda motor Honda di
kabupaten Purworejo. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling
dengan kriteria konsumen pernah melakukan pembelian ulang sepeda motor Honda dan
berdomisili di kabupaten Purworejo dan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100
responden. Instrumen menggunakan kuesioner dengan skala likert dan telah diuji cobakan
dengan product moment dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Metode analisis data
yang digunakan adalah uji regresi berganda.
Hasil perhitungan dan analisis data yang dilakukan dengan program SPSS for
Windows 16.0. ( 1 ) Variabel karakteristik merek berpengaruh positif terhadap variabel
loyalitas merek, (2) Variabel karakteristik perusahaan berpengaruh positif terhadap variabel
loyalitas merek, (3) Variabel konsumen merek berpengaruh positif terhadap variabel loyalitas,
(4) Secara bersama-sama variabel karakteristrik merek, karakteristik perusahaan, dan
karakteristik konsumen-merek berpengaruh terhadap variabel loyalitas.
Berdasarkan uraian dapat disimpulkan bahwa hipotesis pertama, kedua, ketiga, dan
keempat terdukung dalam penelitian ini.
Kata kunci: Loyalitas Merek, Karakteristik Merek, Karakteristik Perusahaan, Karakteristik
Konsumen-merek

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v9i1.380

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.