PENGARUH KETIDAKPUASAN KONSUMEN, HARGA, IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN BRAND SWITCHING PADA KONSUMEN KOPI MEREK KAPAL API KE KOPI MEREK LUWAK WHITE KOFFIE

Bayu Krisnawanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ketidakpuasan, harga, dan iklanterhadap keputusan brand switching pada konsumen kopi merek Kapal Api ke kopimerek Luwak White Koffie.Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen kopi merek Kapal Api yangberalih ke kopi merek Luwak White Koffie. Teknik pengambilan sampel dalam penelitianini menggunakan purposive sampling dan sampel yang digunakan sebanyak 120 orang.Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi berganda.Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) nilai koefisien beta (β) ketidakpuasan(X1) sebesar 0,248 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p value < α (5%)). Hal inimenunjukkan bahwa ketidakpuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan padakeputusan brand switching, 2) nilai koefisien beta (β) harga (X2) sebesar 0,464 dengannilai signifikansi sebesar 0,000 (p value < α (5%)). Hal ini menunjukkan bahwa hargaberpengaruh positif dan signifikan pada keputusan brand switching, 3) nilai koefisienbeta (β) iklan (X3) sebesar 0,285 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p value < α(5%)). Hal ini menunjukkan bahwa iklan berpengaruh positif dan signifikan padakeputusan brand switching. Dengan demikian, keseluruhan hipotesis yang diajukanterbukti dan dapat diterima.Kata kunci: ketidakpuasan konsumen, harga, iklan, keputusan brand switching.



DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v11i2A.3793

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.