PENGARUH GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI PURWOREJO

Asyhar Fuad

Abstract


Pengaruh Faktor Gaya Hidup terhadap Keputusan PembelianKonsumen di Purworejo.Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi UniversitasMuhammadiyah Purworejo 2015.Smartphone merupakan salah satu produk komunikasi yang menimbulkan nilaiprestise bagi penggunanya dan telah menjadi life style (gaya hidup) masyarakat saat ini.Dalam penggunaannya, Smartphone dijadikan alat komunikasi yang berbasis tekhnologiyang selalu berkembang dan cenderung meningkat kecanggihan fitur serta fungsinya.Kebutuhan akan Smartphone oleh semua kalangan masyarakat saat ini menjadikanproduk ini sebagai kebutuhan primer yang mendorong nilai gaya hidup seseorang saatberinteraksi dengan sesama.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Faktor Gaya Hidup(Aktivitas, Minat dan Opini) terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada ProdukSmartphone di Kota Purworejo. Populasi penelitian ini adalah semua penggunaSmartphone semua merk di kota Purworejo. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100orang. Pengambilan sampel menggunakan Nonprobability Sampling yaitu denganJudgement Sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner denganskala Likert yang masing‐masing sudah diujicoba dan telah memenuhi syaratvaliditasdan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linier berganda.Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel aktivitas,minat dan opini berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusanpembelian konsumen produk Smartphone. Dari hasil analisis regresi linier berganda,variabel yang paling besar mempengaruhi keputusan pembelian konsumen adalahaktivitas.Kata kunci: gaya hidup, aktivitas, minat, opini dan keputusan pembeliankonsumen

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v11i2A.3791

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.