PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN
Abstract
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah, untuk menguji pengaruh bentuk, keistimewaan, kualitas kinerja, kualitas kesesuaian, daya tahan, kehandalan, kemudahan perbaikan, gaya, dan desain sepeda motor Honda baik secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan pelanggan.Populasi dalam penelitian ini adalah semua pemilik sepeda motor Honda di Purworejo. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 150 responden. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Untuk menguji hipotesis menggunakan analisis regresi berganda.Hasil penelitian membuktikan bahwa diferensiasi produk yang terdiri dari bentuk (X1), keistimewaan (X2), kualitas kinerja (X3), kualitas kesesuaian (X4), daya tahan (X5), kehandalan (X6), kemudahan perbaikan (X7), gaya (X8), dan desain (X9), baik secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y). Artinya, keseluruhan hipotesis yang diajukan pada penelitian ini terbukti dan dapat diterima.Kata kunci: diferensiasi produk, bentuk, keistimewaan, kualitas kinerja, kualitas kesesuaian, daya tahan, kehandalan, kemudahan perbaikan, gaya, desain, kepuasan pelanggan
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v11i2A.3787
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.