PENGARUH VISIBILITY, CREDIBILITY, ATTRACTION DAN POWER PADA CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU ADIDAS “adizero F50” DI PURWOREJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dimensi celebrity endorser yang berupa visibility, credibility, attraction dan power baik secara parsial maupun secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian sepatu Adidas “adizero F50”.Populasi pada penelitian ini yaitu konsumen sepatu Adidas “adizero F50” di kota Purworejo dengan jumlah populasi yang tidak diketahui secara pasti karena tidak adanya data statistik mengenai seberapa banyak pengguna sepatu Adidas di kota Purworejo. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner tertutup dengan kalimat positif yang telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan relaibilitas. Alat analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah regresi berganda dengan uji t (t-test) dan uji F (F-test)Hasil analisis diketahui bahwa 1) nilai koefisien beta (β) visibility (X1) sebesar 0,166 dengan nilai signifikansi sebesar 0,027, 2) nilai koefisien beta (β) credibility (X2) sebesar 0,356 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, 3) nilai koefisien beta (β) attraction (X3) sebesar 0,212 dengan nilai signifikansi sebesar 0,003, 4) nilai koefisien beta (β) power (X4) sebesar 0,228 dengan nilai signifikansi sebesar 0,002, 5) nilai F sebesar 67,921 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Semua variabel bebas berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat baik secara parsial maupun secara simultan.Kata kunci: celebrity endorser, visibility, credibility, attraction, power, keputusan pembelian.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v11i1A.3785
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.