Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Terhadap Store Loyalty di Matahari Department Store Armada Town Square Magelang
Abstract
Belanja fashion saat ini telah menjadi sebuah gaya hidup yang dapatmeningkatkan image dan prestige pelakunya. Menurut penelitian konsumen fashionIndonesia termasuk konsumen yang “mabuk belanja” sehingga hedonic shoppingmotivation sangat layak untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk menguji Adventureshopping (X1), Social shopping (X2), Gratification shopping (X3), Idea shopping (X4), Roleshopping (X5), dan Value shopping (X6) terhadap Store Loyalty di Matahari DepartmentStore Armada Town Square Magelang.Populasi dalam penelitian ini adalah semua pengunjung di Matahari DepartmentStore Armada Town Square Magelang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian inidilakukan dengan teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 100 orang.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dengan skala Likert yangsudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Metodeanalisis yang digunakan adalah regresi linear berganda.Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS diketahui bahwaAdventure shopping (X1) secara signifikan berpengaruh positif terhadap store loyaltydengan (pvalue) = 0.002 < α (0,05). Social shopping (X2), secara signifikan berpengaruhpositif terhadap store loyalty dengan (pvalue) = 0,048 < α (0,05), Gratification shopping(X3) secara signifikan berpengaruh positif terhadap store loyalty dengan (pvalue) = 0.030< α (0,05), Idea shopping (X4) secara signifikan berpengaruh positif terhadap store loyaltydengan (pvalue) = 0.011 < α (0,05), Role shopping (X5) secara signifikan berpengaruhpositif terhadap store loyalty dengan (pvalue) = 0.019 < α (0,05), dan Value shopping (X6)secara signifikan berpengaruh positif terhadap store loyalty dengan (pvalue) = 0.012 < α(0,05). Sehingga penelitian ini memberikan hasil yang mendukung teori bahwa hedonicshopping motivation berpengaruh terhadap store loyalty.Kata-kata kunci : hedonic shopping motivation, store loyalty.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v11i1A.3784
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.