PENGARUH PHYSICAL SURROUNDING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI RUMAH MAKAN PANDA PURWOREJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Facility Aesthetic,Ambience dan Layout terhadap keputusan pembelian konsumen di RumahMakan Panda Purworejo secara parsial.Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen di Rumah MakanPanda Purworejo. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian inidilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu teknik pengambilansampel dimana sampel dipilih berdasarkan penilaian terhadap karakteristikanggota sampel yang disesuaikan dengan maksud penelitian (Kuncoro,2003). Adapun kriteria yang dipilih untuk menentukan sampel penelitian iniadalah orang yang sudah pernah menjadi konsumen di Rumah MakanPanda di Purworejo. Instrument pengumpulan data mcnggunakankuesioner dengan skala Likert yang sudah diuji cobakan dan telahmemenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang digunakanadalalah regresi linear berganda.Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS versi 16diketahui bahwa Facility Aesthetic secara signifikan berpengaruh secarapositif terhadap keputusan pembelian, Ambience secara signifikanberpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, Layout secarasignifikan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Sehinggapenelitian ini memberikan hasil yang mendukung teori pengaruh physicalsurrounding terhadap keputusan pembelian konsumen.Kata kunci : physical surrounding, facility aesthetic, Ambience, Layout,keputusan pembelian konsumen
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v11i1A.3782
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.